A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Aceh Barat dapat tambahan BBG 21 persen

Aceh Barat dapat tambahan BBG 21 persen

Rabu, 05 Oktober 2016 08:00:26 admin editor diskop
Meulaboh (ANTARA Aceh) - PT Pertamina (persero) memberikan tambahan 21 persen kuota Bahan Bakar Gas (BBG) tabung gas subsidi elpiji 3 kilogram untuk masyarakat miskin di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh selama 2016.
 
Sales Eksekutif LPG PT Pertamina Aceh, Muhajir, di Meulaboh, Selasa, mengatakan, kuota LPG 3 kg untuk daerah itu adalah 1.000.667 unit tabung selama 2016, diberi penambahan 21 persen dari kuota 2015 sebanyak 884.220 tabung.
 
"Untuk Aceh secara umum diberikan penambahan 15 persen oleh PT Pertamina dan Aceh Barat diberikan penambahan 21 persen dari tahun 2015. Pada Oktober 2016 sudah tersalurkan 86.800 atau sudah sembilan persen," katanya.
 
Tambahan kuota tersebut disampaikan usai sosialisasi Pemakaian BBM dan BBG di Auditorium Dinas Sosial Tenagakerja dan Transmigrasi (Dinsosnaketran) Aceh Barat.
 
Sosialisasi itu dihadiri pelaku usaha agen PT Pertamina serta pangkalan penyalur LPG subsidi 3 kg, pemateri dari PT Pertamina serta Distamben Aceh.
 
Muhajir menyebutkan, LPG 3 kg secara peruntukannya sudah jelas sesuai aturan, yakni bagi rumah tangga tertentu dengan penghasilan Rp1,5 juta/bulan kemudian usaha mikro dengan nilai hasil penjualan/omzet Rp300 juta/tahun.
 
Menurut dia, kelangkaan yang mungkin ditemukan pada Kabupaten Aceh Barat adalah bukan karena minim pasokan, namun ada masyarakat yang tidak berhak mengunakan LPG subsidi ataupun karena tingkat kebutuhan cukup tinggi pada momen tertentu.
 
"Aceh adalah wilayah yang memang unik, dimana ada momen tertentu seperti "Meugang" (hari motong). Namun kita dari PT Pertamina sudah melakukan antisipasi dengan penambahan karena adanya peningkatan konsumsi masyarakat,"jelasnya.
 
Sementara itu Kepala Bidang Koperasi Usaha Kecil Menengah pada Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Aceh Barat Idrus, menambahkan, pemda setempat belum menerima realiasi dari adanya kuota tambahan tersebut.
 
Dia menyampaikan, harapan dari kepala daerah Bupati H T Alaidinsyah minimal ada penambahan secara ril 300.000 tabung LPG subsidi 3 kg untuk membangun UKM baru di setiap kecamatan yang belum memiliki pangkalan.
 
"Kami sudah minta penambahan ke PT Pertamina tadi, tapi mereka masih menepis minta ke Ditjen Migas. Penambahan yang mereka maksudkan belum saya lihat datanya, yang jelas kita masih butuh penambahan," tegasnya.
 
Idrus menyebutkan, dari 12 kecamatan daerah itu ketersediaan pangkalan LPG 3 kg masih sangat terbatas, bahkan untuk kawasan kecamatan yang jauh dari pusat ibu kota Meulaboh baru tersedia 1-2 unit pangkalan sehingga masyarakat sangat kesulitan.
 
Oleh karenanya, Pemkab Aceh Barat mengharapkan adanya penambahan yang lebih nyata untuk kuota LPG 3 kg tanpa mengurangi kuota untuk pangkalan-pangkalan yang sudah tersedia sehingga masyarakat miskin mudah menemukan gas LPG 3 Kg.
 
"Beberapa kecamatan itu baru tersedia 1-2 pangkalan, sementara saat ini yang banyak itu pendistribusian di kawasan perkotaan yang masyarakatnya juga sulit kita bedakan mana orang kaya dan mana orang miskin sebenarnya,"katanya. 
 

Editor: Salahuddin Wahid